Mengenal Penggagas Program Si Kupi Gula Aren

(ist)

MUARA DUA – JYBMedia: Mengenal sosok Ketua Ekraf Kaya Rasa SMSI OKU Selatan yang juga Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil OKU Selatan, Rohman, SPd, MPd.

Pria asli kabupaten Panungkal Abab Lematang Ilir (PALI) ini merupakan penggagas program SI KUPI GULA AREN.

Ini adalah inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Menggunakan Layanan Daring Urus Dokumen Kependudukan di Disdukcapil OKU Selatan dengan laman https://sikupigulaaren.okuselatankab.go.id.

Diketahui program Si Kupi Gula Aren ini resmi diluncurkan oleh Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Popo Ali Kamis 18 Maret 2021.

Namun sebelum peluncuran Si Kupi Gula Aren oleh Bupati OKU Selatan, Rahman dan Ketua SMSI OKU Selatan terlebih dahulu meluncurkan Kampung Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kaya Rasa binaan SMSI OKU Selatan.

Rohman merupakan putra dari pasangan Raden Abidin dan Cik Mena (Almh). Ia ahir di Desa Betung Abab Kecamatan Abab Kabupaten PALI pada 03 November 1979 dan menetap di OKU Selatan.

Rohman mengenyam pendidikan di SDN 2 Betung, Kelas I-IV di Kabupaten Palu dan Tamat di SDN 1 Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Jenjang SLTP diselesaikan di SMPN 1 Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin dan lulus tahun 1995. Dia melanjutkan jenjang SLTA di SMAN 3 Palembang jurusan IPA dan lulusan tahun 1998.

Selanjutnya, perguruan tinggi S1 di Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang mengambil jurusan guru pendidikan Fisika lulusan tahun 2003 hingga mengambil Sertifikasi Guru Profesional Fisika di Palembang pada tahun 2010.

Ia melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Sriwijaya Palembang dengan Jurusan Teknologi Pendidikan lulus tahun 2013.

Saat kabupaten OKU Selatan dilahirkan dari pemekaran OKU, pria ini lulus seleksi CPNS pertama tahun 2004 di Kabupaten OKU Selatan.

Baca juga:  Manfaatkan Sampah, Warga Lamongan Mampu Bikin Replika Bernilai Tinggi

Rohman menceritakan awal mula menetap di OKU Selatan “Saat itu, kami ikut tes PNS pertama sejak pemelaran jadi OKU Selatan tahun 2004. Alhamdulillah lulus,” katanya, Minggu lalu (29/8).

Jejak kariernya diawali dengan mengabdi sebagai guru di SMPN 3 Muaradua Kisam yang sekarang berganti nama SMPN 1 Kisam Ilir pada tahun 2005 dan Guru SMAN 2 Muaradua pada tahun 2006.

Kemudian, ia dipindahtugaskan menjadi pejabat fungsional umum Disdik berstatus Plh menjabat sebagai Kasi Kurikulum dan Sekolah Swasta Bidang Pendidikan SMP, SMA/SMK tahun 2012.

Kariernya terus menanjak dengan menjadi Kasi Kurikulum dan Sekolah Swasta Bidang Pendidikan SMP, SMA/SMK.

Kemudian menjadi Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah tahun 2014, Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan Sekolah Menengah 2016, hingga Kasubbag Penyelenggaraan Tugas Pembantuan Disdik pada 2017.

Setelah itu Rohman mendapat promosi jabatan ke Dinas Dukcapil OKU Selatan sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) sejak awal 2020 hingga saat ini.

Rohman mengatakan, sejak lulus tes CPNS tahun 2005, dia memulai mengabdi dengan mengajar di pedesaan.

Ia menceritakan pengalaman berkesan saat menjadi tenaga pendidik karena berselisih paham terhadap wali murid perihal peserta didik.

Ia juga dikenal sebagai guru yang tegas dan disegani dalam kedisiplinan mendidik meskipun di wilayah pelosok sekalipun.

Penghargaan yang pernah diterima oleh mantan Sekjen BEM Fakultas FKIP Unsri ini antara lain, Juara Harapan I Lomba Mengajar Jenjang SMA tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2006, Juara 3 Model Pembelajaran SMA tingkat Provinsi Sumsel.

Pernah meraih juara 3 Lomba Inovasi Media Pembelajaran Tingkat Nasional, mendapat Satya Lencana karya Satya X dan terbaik ketiga Diklat Kepemimpinan Tingkat IV angkatan XI BKPSDM Provinsi Sumatera Selatan di Daeran Kabupaten OKU Selatan.

Baca juga:  Vaksin Belum Ditemukan, Disiplin Protokol Harus Diterapkan

Kedisipilinannya dalam bekerja hingga kini masih tertanam dan terus diterapkan.

Apalagi sejak dipindahtugaskan di Disdukcapil OKU Selatan yang dikenal masyarakat dengan stigma negatif selama ini.

Ia bertekad ikut berbuat dalam meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat dengan berintegritas dan berkeadilan serta bebas dari pungutan liar (pungli) dalam mendukung Visi dan Visi Bupati/Wakil Bupati OKU Selatan.

Di luar lingkungan pekerjaannya, Rohman yang juga pecinta kopi ini mencoba menyalurkan kecintaannya terhadap kopi robusta dengan membuka kedai kopi Rakopa yang cukup dikenal di Kabupaten OKU Selatan.

Kedai tersebut menyediakan aneka menu kopi dan kemasan dari berbagai Kecamatan di Bumi Serasan Seandanan.

Selain itu, Rohman juga aktif mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan kopi termasuk pelatihan meracik kopi ala barista.

Rohman juga termasuk salah satu barista handal di OKU Selatan. (*/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here