Kunjungi Bumiayu, Panglima Nurhadi Sambangi Janda dan Lansia

Panglima Nurhadi, saat menyambangi Ibu Tuminah, perempuan yang berusia 125 tahun, warga Dusun Bumiayu, RT 1/ RW 02, Desa Bumiayu, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

BLITAR – JYBMedia: Tanpa lelah berbagi terhadap sesama, inilah yang menjadi prioritas Panglima Laskar Panji Peduli, Nurhadi. Baginya, berbuat kebaikan adalah suatu keharusan dan kewajiban yang terus dijalankan sampai kapanpun.

Kali ini, Nurhadi bersama Relawan Laskar Panji Peduli dan Relawan Partai Nasdem, Kabupaten Blitar, mengunjungi Janda maupun Perempuan Lanjut Usia (Lansia) yang bermukim di Dusun Bumiayu, Desa Bumiayu, Kecamatan Panggungrejo.

Saat tiba lokasi, Nurhadi merasa tercengang dengan kondisi sejumlah warga yang menerima bantuan. Mayoritas, penerima bantuan perempuan lansia bermukim di rumah ala kadarnya dan hanya mengandalkan bantuan tetangga serta pemerintah untuk kebutuhan sehari-hari.

” Alhamdulillah, tidak salah kami mengunjungi Dusun Bumiayu, Desa Bumiayu, Kecamatan Panggungrejo, ini. Dari sini, saya semakin sadar akan pentingnya berbagi terhadap sesama” ucap Panglima Nurhadi, sapaan akrab Panglima Laskar Panji Peduli, saat ditemui di lokasi, Minggu (12/9/2021).

Ia menguraikan, sebelum menyalurkan bantuan berupa paket sembako dan sejumlah uang tunai, tim relawan sebelumnya melakukan agar para penerima tepat sasaran. Untuk prioritas yang diutamakan, yakni warga yang benar-benar membutuhkan lantaran tidak mampu lagi untuk beraktifitas secara normal.

” Menangis dan gembira, inilah yang saya rasakan saat memberikan bantuan. Meski raut muka mereka sudah mengeriput lantaran termakan usia, dengan kondisi yang serba kekurangan. Tapi, mereka tetap menunjukkan rasa syukur dan bahagia tak terhingga menerima bantuan kami” urainya.

Untuk itu kata Nurhadi, pihaknya mengajak semua kalangan agar selalu peduli terhadap sesama. Meski bantuan yang diberikan tidak seberapa, namun bisa sedikit mengurangi beban mereka.

” Urip Iku Urup, Hidup Wajib Bermanfaat, Nyalakan Jiwa. Semoga, kata bijak ini selalu terpatri dalam diri saya dan saudara-saudaraku semua. Semoga kita selalu diberikan kesempatan untuk berbagi terhadap sesama, Amiin” pungkasnya.

Baca juga:  Ayo, Dukung Laskar Panji Peduli Galang Dana Bagi Korban Banjir Banten

Sekadar diketahui, ada 10 warga yang menerima bantuan dan kesemuanya Janda dan Perempuan Lanjut Usia (Lansia). Berikut daftarnya :

1. Ibu kartini usia 80 tahun, Dusun Bumiayu RT 3/RW 1, Desa Bumiayu. Janda hidup sebatang kara, kondisi rumah dibantu pemerintah dan penghasilan sehari- hari mengandalkan bantuan tetangga dan sosial pemerintah

2. Ibu Tuminah usia 125 tahun, Dusun Bumiayu RT 1/ RW 02, Desa Bumiayu. Kondisinya
hidup bersama anaknya yang mengandalkan penghasilan dari jualan gorengan

3. Ibu Ponijem usia 54 tahun, Dusun Bumiayu, RT 2 RW 02, Desa Bumiayu.Janda yang hidup bersama cucunya yang putus sekolah, dan mengandalkan buruh tani, menopang kehidupan sehari-hari.

4. Ibu Ponijem usia 84 tahun, Dusun Bumiayu RT 3/RW 02 Desa Bumiayu.Janda hidup sebatang kara dengan kondisi rumah yang mendapatkan bantuan dari pemerintah. Kehidupan sehari hari, mengandalkan sebagai buruh tani.

5. Ibu Tinah usia 80 tahun, Dusun Bumiayu RT 3/ RW 2, Dusun Bumiayu.Kondisi janda hidup sebatang kara sehari-hari hanya mengandalkan belas kasih tetangga.

6. Ibu Suminten usia 55 tahun, Dusun Bumiayu RT 4/RW 2, Desa Bumiayu.Kondisi kehidupan sehari-hari, menempati teras rumah milik saudaranya.Keseharinya, bekerja buruh tani dan uluran bantuan tetangga

7. Ibu Suminem usia 84 tahun, RT 4/RW 2, Desa Bumiayu. Janda yang hidup bersama cucunya( yatim piatu). Untuk penghasilan, dibantu anaknya sebagai buruh tani

8. Ibu Ngaisah usia 79 tahun, Dusun Banaran RT 1/RW 1, Desa Bumiayu. Janda yang hidup bersama anaknya (duda).Bermukim di pinggir hutan, dan mengandalkan penghasilan anaknya sebagai buruh tani

9. Ibu komariah usia 54 tahun, Dusun Banaran RT 2/RW 2, Desa Bumiayu. Janda hidup bersama anaknya yang masih sekolah dan bermukim dekat kandang sapi, dengan penghasilan sebagai buruh tani.

Baca juga:  Salurkan Bantuan Bagi Janda, Lansia dan Warga Kurang Beruntung

10. Ibu Suwarti usia 58 tahun, Dusun Banaran RT 01/ RW 02, Desa Bumiayu.Janda hidup sendiri dirumah yang dibuatkan oleh pemerintah. Penghasilan, dibantu anaknya yang berada diluar Pulau Jawa.

Penulis : Moch Abi Madyan
Editor : Budi Arya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here