Sejumlah Wisata di Kediri Belum Dibuka untuk Umum

Makam Aulia Syech Wasil, salah satu wisata religi Kota Kediri, terlihat masih ditutup untuk umum.

KEDIRI-Ditengah penurunan level PPKM, sejumlah tempat wisata di Kediri, Jawa Timur, belum mendapatkan izin dari Pemerintah Daerah setempat, agar dibuka untuk umum.

Jubir Satgas Covid 19 Kota Kediri, dr. Fauzan Adzima, menjelaskan, meski situasi saat ini di Kota Kediri berstatus PPKM level 2, namun belum ada perintah atau arahan dari tim Satgas Covid-19, dalam hal ini Pemkot Kediri, untuk memberikan izin membuka sejumlah tempat tempat wisata yang ada.

” Karena, status level masih belum bisa diprediksi antara penurunan dengan kenaikan mengacu berdasarkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 42 Tahun 2021, dijelaskan mengenai aturan dan wilayah mana saja yang termasuk dalam kebijakan PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Covid-19 di wilayah Jawa-Bali” ucapnya, Selasa (14/9).

Langkah pencegahan tetap diberlakukan perihal adanya kedatangan warga dari luar daerah dengan berkordinasi pihak terkait, khususnya memaksimalkan peran tim Satgas Covid-19 yang dikhawatirkan bisa menimbulkan lonjakan angka Covid 19 kembali di Kota Kediri. Secara otomatis, bisa dimungkinkan terjadinya kenaikan status level status.

“ Antisipasi warga luar daerah yang berkunjung ke Kota Kediri, khususnya di kawasan wisata tetap diberlakukan, dalam hal ini oleh Polres Kediri Kota, Dinas Perhubungan, Satpol PP Kota Kediri. Tujuanya, untuk menghindari adanya masyarakat dengan status Oang Tanpa Gejala (OTG), hingga memungkinkan kasus baru bertambah,” imbuhnya.

Hal serupa juga disampaikan, Sekertaris Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri, Slamet Turmudi, mengutarakan, sesuai Inmendagri nomor 42 tahun 2021, Kabupaten Kediri, masih berstatus PPKM level 3. Sehingga, tempat wisata masih ditutup sementara untuk masyarakat. Dan, saat ini yang diperbolehkan adalah Pembelajaran Tatap Muka (PTM), pada siswa di sekolah, dengan menerapkan prosedur protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Baca juga:  Update 26 Mei : Positif Covid-19 Bertambah 415, Meninggal 27 dan Pasien Sembuh 235

Lalu, peningkatan dan penurunan status level PPKM yang sifatnya masih sulit diprediksi.Namun, apabila status PPKM Kabupaten Kediri, mengalami penurunan ke Level 2, maka sejumlah tempat wisata akan dipersiapkan agar dibuka kembali, sesuai protokol kesehatan disertai penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi oleh masyarakat, jika berkunjung ke lokasi tempat wisata.

“Saat ini sejumlah tempat wisata di Kabupaten Kediri masih tertutup untuk umum, dan menunggu penurunan status PPKM Level 2. Jika nantinya dibuka untuk masyarakat, maka syarat wajib yang harus dipersiapkan adalah Aplikasi Peduli Lindungi,”ucapnya

Pria yang menjabat Plt. Ketua BPBD Kabupaten Kediri, menambahkan, diharapkan masyarakat tetap patuh menjalankan protokol kesehatan apapun level PPKM yang diberlakukan oleh pemerintah.

” Upaya ini harus kita dukung bersama, agar terjalinnya kerja sama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat. Hal ini, menjadi salah satu kunci agar Indonesia pulih dari wabah virus Covid 19″ pungkasnya.

Penulis : Moch Abi Madyan
Editor : Budi Arya
Pubhliser : Nasrudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here