Jalur yang Hubungkan Kediri – Nganjuk Resmi Dimulai

(ist)

Program TNI manunggal membangun desa (TMMD) ke 112 di Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, resmi dimulai, Rabu (15/9/2021)

Dalam kegiatan peresmian pembukaan TMMD yang ke-112 ditandai dengan upacara yang dilaksanakan di GOR SMA Negeri 1 Grogol Kabupaten Kediri,dihadiri Kolonel Inf Taufik Paban Sahli Bidang Sosbud Kodam V/Brawijaya, Letkol Inf Budi Santoso Pabandya Wamil Sterdam V/Brawijaya, Mayor Inf Dedy Indrawan Kasiren Korem 082/CPYJ, Komandan Kodim 0809 Kolonel Inf Ruly Eko Suryawan, Sekda Kabupaten Kediri Dede Sujana, Kolonel Inf Taufik, AKBP Wahyudi Kapolres Kediri Kota, Dodi Purwanto Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Sukadi Kepala Bappeda Kabupaten Kediri, Perwira Staf Kodim 0809/Kediri, Forkopimda Kabupaten Kediri, dan tamu undangan.

Dengan mengusung tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri TNI Manunggal Membangun Desa”.

Selama kegiatan berlangsung, panitia pelaksana menerapkan protokol kesehatan yakni mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun atau handsinitizer dan menjaga jarak antar peserta sebagai upaya mencegah penyebaran virus covid 19.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri Dede Sujana, menyampaikan, peran Pemkab Kediri dalam program TMMD ke-112 dari sisi anggaran ada beberapa aspek dilakukan pengangaran oleh pemerintah daerah dalam mendukung upaya pelaksanaan.

Kemudian, mendukung kegiatan yang sifatnya non fisik seperti vaksinasi, penyuluhan kesehatan pada masyarakat maka kita saling bersinergi antara TNI dengan pemerintah daerah dan masyarakat.

Perihal rencana pembangunan jalur yang menghubungkan antara Kabupaten Kediri dengan Kabupaten Nganjuk akhirnya resmi dimulai lewat program TMMD ke-112 oleh Kodim 0809 Kediri.

Awalnya jalan tersebut, hanya jalur setapak. Diharapkan, dengan adanya program TMMD ini masyarakat dapat menikmati fasilitas jalan yang akan dibangun dan secara otomatis akan mempermudah roda perekonomian masyarakat dengan akses jalan yang ada.

Baca juga:  LVRI Kabupaten Kediri Terima Bantuan Sembako

“Dengan adanya jalan penghubung antara Kabupaten Kediri dengan Kabupaten Nganjuk diharapkan bisa mempermudah aktivitas masyarakat baik dari segi waktu, kemudian biaya dirasa lebih murah dan tentunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Kediri,” ucapnya, saat ditemui tim jybmedia, Rabu (15/9).

Terpisah, pada saat meninjau lokasi pembangunan Posyandu di Dusun Kalibago, Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Komandan Kodim 0809 Kolonel Inf Ruly Eko Suryawan, mengutarakan, TMMD dilaksanakan agar terciptanya kemanunggalan pada masyarakat. Pihaknya selaku TNI bisa mendorong pembangunan pemerintah setempat melalui program TMMD yang digulirkan, sehingga masyarakat bisa lebih bersemangat dalam membangun wilayahnya.

Untuk pelaksanaan TMMD ada 6 titik yang menjadi sasaran program pembangunan yang dilakukan, ditargetkan memakan waktu selama satu bulan mulai tanggal 15 September -14 Oktober 2021 dengan melibatkan kurang lebih 300 orang.

“Sejumlah 6 titik menjadi fokus utama pembangunan di Desa Kalipang yakni pengaslalan jalan berjarak 3,7 Kilometer yang menghubungkan Desa Kalipang Kabupaten Kediri dengan Desa Bajulan Nganjuk, kemudian mushola ada 2 titik yakni musholla Al amin dan Al ikhlas, kemudian Pura, lalu Paud serta terakhir Posyandu,” ucap Kolonel Inf, Ruly Eko Suryawan

Sejumlah titik lokasi tersebut, saat ini kondisinya sudah dimulai pengerjaannya. Untuk saat ini masih dilakukan pengaspalan.

” Segera mungkin akan dirampungkan termasuk Mushola dan Pura” pungkasnya.

Penulis : Moch Abi Madyan
Editor : Budi Arya
Pubhliser : Nasrudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here