Pemkab Kediri Kucurkan Dana Rp 4,9 Milyar untuk Pelaku Usaha Mikro

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, bersama para pelaku usaha sari kedelai di Desa Plosoklaten, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

KEDIRI – JYBMedia: Pemerintah Kabupaten Kediri memberikan bantuan stimulus kepada Pelaku Usaha Mikro dan Pedagang sebagai upaya pemulihan ekonomi masyarakat ditengah pandemi Covid -19.

Bupati Kediri, Handindhito Himawan Pramana, menyampaikan, ditengah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat
(PPKM), sebagai salah satu upaya penanggulangan Covid 19, berdampak bagi masyarakat di bidang ekonomi khususnya dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kediri.

Terkait hal tersebut, pihaknya telah menggulirkan dana Rp 4,9 miliar, sebagai stimulus bagi 8300 Pelaku Usaha Mikro dan Pedagang, sebagai upaya revitalisasi perekonomian masyarakat.

Harapanya, melalui program dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kediri, bisa menjadi stimulus dan mampu membangkitkan ekonomi secara nasional utamanya bagi pelaku usaha di wilayah Kabupaten Kediri

“Saya berharap, masyarakat Kabupaten Kediri yang terdampak pandemi, agar segera bangkit dan menerima, bahwa kita harus hidup berdampingan dengan Covid-19. Dan mendoakan, agar pandemi segera berakhir. Sehingga, kehidupan perekonomian masyarakat bisa pulih seperti sedia kala,” ucapnya, Senin (20/9).

Dilokasi yang sama Plt. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kabupaten Kediri, Mamiek Amiyati, mengutarakan, program stimulus yang diberikan masyarakat merupakan inisiasi dari Bupati Kediri, Handindhito Himawan Pramana.

Dimana, pihaknya diperintahkan untuk memperhatikan keberadaan pelaku UMKM Kabupaten Kediri, dalam situasi pandemi serta kebijakan PPKM, hingga pendapatan mereka menurun drastis. Dengan diluncurkannya bantuan tersebut, diharapkan bisa menambah modal masyarakat, khususnya pengusaha mikro dan pedagang keliling.

“Total yang mendapatkan bantuan ada 5.000 pedagang keliling, 3.300 pelaku usaha mikro, dengan nominal bantuan untuk pedagang keliling Rp 250 ribu sebanyak 2 kali. Sedangkan, pengusaha sekala mikro, dengan nominal nilai yang sama, tapi mendapatkan bantuan 3 kali,”ucap Mamiek Amiyati.

Baca juga:  Makmurkan Tempat Ibadah dengan Kegiatan Keagamaan

Dia juga enambahkan, syarat-syarat khusus bagi penerima bantuan stimulus program ini harus beridentitas sebagai warga Kabupaten Kediri.

” Yang terpenting harus memiliki Usaha Mikro untuk kemudian diajukan ke kami ” pungkasnya.(kom/adv)

Penulis : Moch. Abi Madyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here