Destinasi Wisata Durian di Kediri Ramai Dikunjungi, Anda Tertarik ?

Pasangan pengusaha muda di Kediri sukses mengeluti usaha aneka jenis buah durian yang berlokasi di Jalan Banaran 2, Kelurahan Banaran, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri.

KEDIRI – JYBMedia: Berawal dari kegemaran makan buah durian, pasangan pengusaha muda asal Kota Kediri, berhasil merintis usaha kuliner yang menawarkan aneka buah durian dan produk olahannya.

Berlokasi di Jalan Banaran 2, Kelurahan Banaran, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, berdiri sebuah cafe yang bernama Swargaduren menyediakan beraneka macam buah durian lokal dan luar negeri.

Siapa sangka tempat jenis usaha tersebut dikelola pasangan pengusaha muda asli Kediri, Mohammad Gontha Bagus Hartawan dan Vanthia Larasati yang keduanya berusia 24 tahun.Berkat kegigihan dan ketrampilanya membaca peluang sebuah usaha, usaha kuliner yang dijalankan bersama dikenal masyarakat Kediri dan sekitarnya,hingga hasilnya berbuah manis. Semanis, aneka buah durian yang disajikan.

Menariknya, demi memuaskan selera konsumen Gontha dan Vanthia sangat memperhatikan kualitas buah yang dijualnya.Bahkan, rela berburu aneka jenis durian guna mencukupi permintaan para pelanggan yang hadir.

Pemilik Cafe Swarga Durian Mohammad Gontha Bagus Hartawan, menjelaskan, usaha cafe yang dirintis menyediakan beraneka macam durian dan olahannya baru dirintis sejak satu pekan. Animo masyarakat yang hadir, ia rasakan sangat besar, baik berasal dari wilayah Kediri, Malang, Jombang, Gresik Pasuruan, hingga Ponorogo.

Hal ini sekaligus menjadi pertimbangan bagi dirinya dan istrinya Vanthia Larasati untuk merintis sebuah usaha kuliner.

Tidak hanya itu, buah durian yang tersedia berasal dari beberapa daerah di Indonesia dan luar negeri dengan kualitas terbaik serta sesuai permintaan para pelanggan sebelumnya.

Untuk selera masyarakat buah durian varian lokal Indonesia tidak kalah bersaing terhadap durian impor dari luar negeri, dibuktikan dengan adanya pelanggan yang berkunjung ke lokasi dominan memesan durian dari daerah Medan dan Bali. Di hari biasa, mampu menjual 300-500 buah. Sedangkan, akhir pekan mampu menjual 1000-1500 buah.

Baca juga:  Hidroponik, Peluang Usaha yang Menjanjikan

“Durian berkualitas yang kita sediakan berasal dari berbagai wilayah Indonesia yakni dari Daerah Bali, Medan, Bengkulu dan sejumlah tempat lainya
Kami juga menyediakan Musang King yang di impor langsung dari Negara Malaysia, sebagai primadona ditempat kami. Karena, dari segi rasa bisa membuat pelangan yang baru mencoba dapat ketagihan,”ucapnya, Sabtu (25/9)

” Harapanya, lokasi usaha yang dikelola bersama istri bisa menjadi salah satu rekomendasi tujuan tempat wisata kuliner masyarakat Sehingga, bisa menjadi destinasi wisatawan luar kota agar mampir ke tempat usahanya” harapnya.

Hal serupa juga diungkapkan Vanthia Larasati,buah durian secara khasiatnya dipercaya oleh sebagian masyarakat dipercaya sebagai penambah imunitas tubuh manusia

” Terlebih ditengah pandemi, sangat cocok dinikmati oleh masyarakat” katanya

Lebih jauh, Vanthia mengungkapkan, setiap hari cafe atau tempat usahanya buka mulai pukul 09.00 WIB hingga Pukul 21.00 WIB. Pihaknya juga memberikan garansi 100 persen kepada masyarakat guna menjamin kualitas buah durian yang di sediakan.

” Tujuan garansi, agar masyarakat tidak perlu khawatir dengan buah durian yang telah tersedia. Bahkan, bisa bersaing baik secara harga dan kualitas dengan lokasi lainya dengan jenis usaha serupa” imbuhnya.

Ia menyakini, sistem garansi buah durian merupakan satu- satunya yang ada di Kediri. Disamping itu, juga menyediakan tempat yang nyaman bersama keluarga dan teman untuk bersantai sejenak.

“Kami telah menyediakan klaim asuransi garansi buah duren. Ketentuanya, masyarakat agar dapat memahaminya. Salah satunya, jangka waktu maksimal 6 jam setelah transaksi dilakukan. Masyarakat, masih bisa mengembalikan buah yang dipesan sebelumnya, agar bisa ditukar ditempat kami. Bahkan, masyarakat bisa mencoba terlebih dahulu sebelum dibawa pulang,” urai Vanthia.

Membahas aneka jenis buah durian yang disediakan, kata Vanthia, baik lokal dan impor dijual berbeda- beda, tergantung dari ukuran serta asalnya. Dijual, mulai Rp 40 ribu – Rp 150 ribu.

Baca juga:  Sajikan Menu Tradisional dan Minuman Herbal Ditengah Pandemi

” Masyarakat atau pelanggan bisa memilih sesuai selera dan kebutuhan” tandasnya.

Terpisah, Eva Eka Selviana selaku pengunjung cafe berasal dari Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, menyampaikan, ini merupakan pengalaman pertama bersama keluarga besarnya mendatangi Swarga Duren, dengan memilih buah harga Rp 120 ribu jenis lokal.

Alasanya mendatangi lokasi tersebut, berdasarkan informasi dari media sosial. Dirasakanya, suasana nyaman terlebih membawa buah hati. Perihal harga jelas bersaing dari penjual penjual yang ada di Kediri. Meski terpaut sedikit, tapi tidak menjadi masalah bagi dirinya.

“Meski harga bersaing, tidak menjadi masalah, yang terpenting adalah rasa, karena harga mempengaruhi rasa,” ujarnya.

Bahkan, dari sekian jenis buah durian yang tersedia, durian montong menjadi menu favoritnya dan keluarga.

” Karena, rasanya legit dan ada sedikit rasa pahitnya ” pungkasnya.

Penulis : Moch Abi Madyan
Editor : Budi Arya
Pubhliser : Nasrudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here