Polsek Ringinrejo Amankan Komplotan Pencuri Kabel Telkom

Dua pelaku dan barang bukti kini berada di Mapolsek Ringinrejo Polres Kediri

KEDIRI – JYBMedia: Dua orang pria berhasil diamankan Polsek Ringinrejo Polres Kediri, setelah diduga ketahuan saat hendak memotong kabel jaringan internet milik Telkom.

Sebelum diamankan pihak kepolisian, komplotan beranggotakan 3 orang melancarkan aksinya di Desa Susuhbango, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri.

Aksi tindak kriminal yang dilakukan oleh para pelaku, terlebih dahulu tertangkap basah oleh warga sekitar. Bahkan, salah satu pelaku sempat dihakimi oleh massa.

Hingga akhirnya diserahkan kepada petugas sejumlah dua orang, atas nama Putut Wahono, 56 tahun, warga Kelurahan Krembangan Jaya Selatan Kota Surabaya dan Mohammad Ishak, 39 tahun, warga Desa Nyeloh, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Madura. Satu pelaku lagi kini masih dalam proses pengejaran oleh petugas kepolisian.

Kapolsek Ringingrejo Polres Kediri, AKP R Didik Sigit, mengungkapkan, aksi tindak kriminal yang dilakukan oleh para pelaku sejumlah tiga orang terjadi pada hari Senin (11/10) sekitar pukul 04.30 WIB. Upaya para pelaku berhasil digagalkan berkat kerja sama antara pihaknya dengan warga sekitar.

Awal mulanya, adanya warga yang mengetahui aktifitas mencurigakan dilakukan oleh pelaku yakni memotong kabel milik telkom, karena takut akan terjadinya sesuatu hal yang tidak di inginkan.

Salah satu warga tersebut melaporkan peristiwa sedang terjadi kepada pihak satpam kantor telkom. Kemudian, dilanjutkan upaya pengecekan kebenaran Informasi tersebut.

Ketika peristiwa tersebut berlangsung, sempat terjadi perkelahian antara saksi satpam dengan salah satu pelaku. Dimana , saksi menanyakan maksud dan tujuan dari pelaku melakukan aktivitas diluar kewajaran.

Selanjutnya, saksi berusaha mengambil kunci mobil diduga milik para pelaku yang kemudian berujung dengan perkelahian. Bahkan, pelaku sempat mengancam saksi dengan sebuah alat pemotong atau tang.

” Sempat terjadi perkelahian antara security telkom atas nama rudi dengan salah satu pelaku yang bersiaga di mobil.Kemudian rudi berinisiatif mengambil kunci mobil tersebut, sehingga terjadilah perkelahian,” tuturnya.

Baca juga:  25 Anggota Polres Kediri Kota Dapat Penghargaan

” Di saat situasi perkelahian, sopir atau salah satu pelaku berusaha mengambil kunci tang. Namun tidak sempat dilakukanya, karena warga datang dan membantu petugas security atau saksi tersebut.”urainya. Selasa,(12/10/2021).

AKP R Didik Sigit, menambahkan, dari data yang telah diperoleh, komplotan pelaku berjumlah 3 orang. dengan membagi peran afau tugas masing masing. Pertama, berperan sebagai pemotong kabel dilakukan oleh Mohammad Ishak, peran kedua bertindak sebagai pemotong kabel dilakukan MF yang kini menjadi DPO, terakhir Putut Wahono bertugas sebagai sopir.

Data dan informasi yang diperoleh, komplotan pencuri kabel, baru melakukan aksinya sebanyak satu kali di wilayah kediri , dan satu lagi pernah mereka lakukan di Wilayah Malang.

“Kami berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, satu unit Mobilio warna abu- abu Nomor Polisi: L 1568 WA, lima potong kabel gulungan dengan total panjang keseluruhan sekitar 200 meter, satu gunting besar, satu buah senter, satu bungkus tali rafia dan terakhir dua buah kunci / engkol ukuran 10 dan 12 yang digunakan sindikat untuk beraksi,”ucapnya

Terakhir, AKP R Didik Sigit, menyampaikan, pihaknya saat ini masih memburu satu pelaku lagi berinisial MF, yang diperkirakan kabur keluar kota.

” Kedua pelaku yang sudah tertangkap dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang curat dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara” pungkasnya.

Penulis : Moch. Abi Madyan
Editor : John Bon Arya
Pubhliser : Nasrudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here