Siswa Madrasah Raih Juara Robotik Tingkat Nasional

Siswa Madrasah Tsanawiyah Bintang Gema Fitriansyah dan Alfareza Firdausy Dewantoro, sedang menunjukkan medali dan robot yang digunakan dalam Kompetisi Robotik Madrasah (KRM).

KEDIRI – JYBMedia: Siapa sangka berkat ketrampilan dan hobi dalam merakit sebuah robot. Sejumlah Siswa Madrasah di Kota Kediri berhasil meraih juara, dalam Kompetisi Robotik Madrasah (KRM) tahun 2021 yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI).

Aktivitas ini terlihat dari sebuah rumah yang berlokasi di Perumahan Mojoroto Indah Blok AA-5, Kelurahan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

Dimana, sejumlah siswa sedang asyik memainkan keterampilanya dalam mengotak atik perangkat robot lengkap dengan komputer sebagai media kontrol serta pemograman pada sebuah media lintasan khusus untuk robot

Mereka, merupakan peserta sekaligus pemenang dalam Kompetisi Robotik Madrasah (KRM) tahun 2021 yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) beberapa hari lalu, yakni Bintang Gema Fitriansyah dan Alfareza Firdausy Dewantoro dari MTsN 2 Kota Kediri meraih juara I jenjang MTs kategori Mobile Robot serta, Brian Akmal R. dan Fadli Surya S dari MAN 2 Kota Kediri meraih juara III jenjang MA pada kategori Mobile Robot

Pembina Siswa, Julian Sahertia, menjelaskan, pihaknya, telah membina sejumlah siswa yang berasal dari Madrasah Kota Kediri, yakni ada 3 Madrasah Tsanawiyah (MTS), dan 1 Madrasah Aliyah (MA).

Dimana, perwakilan siswa dari Madrasah tersebut, telah mengikuti lomba dalam Kompetisi Robotik Madrasah (KRM) di Kota Tangerang dan berhasil meraih juara.

Untuk kategori juara yang diraih meliputi, kategori rancang robot dan rancang bangun inovasi berhasil diraih oleh Mts Negeri 1, Mts Negeri 2, dan Mts Negeri 3. Kemudian ditingkat Madrasah Aliyah dengan kategori rancang robot berhasil meraih juara 3 oleh MAN 2 Kota Kediri.

” Siswa yang mengikuti perlombaan, jenjangnya meliputi kelas 12, kelas 11, kelas 7 juga ada. Dan Alhamdulillah kita bisa meraih juara semuanya,” ucapnya

Baca juga:  Peti Mati Gratis Untuk Jenazah Covid-19 di Kediri

Selain dalam Kompetisi Robotik Madrasah (KRM) oleh Kementerian Agama pada setiap tahunya dan berhasil meraih predikat juara. Dirinya juga berhasil mengantarkan sejumlah siswa Kota Kediri di ajang tingkat Nasional dan tingkat internasional.

Guru yang sekaligus pemilik tempat belajar robotik “ruang robot”, juga menambahkan, upaya yang dilakukan dalam memberikan materi kepada para siswanya, yakni lebih fokus dalam hal kurikulum pemograman robot yang harus bisa mereka kuasai.

” Karena berkenaan dengan aktivitas yang dirasa berat dan mungkin masih dianggap berbahaya, maka kami akan membantunya seperti mengebor dan memotong sebuah perangkat lunak” tutupnya.

Sementara itu, Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Kediri, Alfareza Firdausy, mengutarakan, dirinya bersama rekan se- timnya Bintang Gema, sebelumnya telah mempersiapkan jenis Mobile Robot selama 3 minggu, guna mengikuti Kompetisi Robotik Madrasah (KRM) oleh Kementerian Agama di Tanggerang.

Persiapan yang dilakukan, dibina langsung oleh Bapak Julian Sahertia di tempat belajar robotik “ruang robot” sehingga dapat berhasil meraih predikat juara satu dalam kompetisi tersebut.

Tingkat kesulitan salama mengikuti kompetisi yang ia alami adalah tingkat dalam berhitung terutama menghitung tiap sudut lintasan perlombaan.

Perasaan was-was juga dirasakanya, karena baru pertama kali mengikuti kompetisi secara nasional dari kementerian agama Republik Indonesia, terlebih dirinya baru belajar robotik semenjak satu tahun terakhir.

” Mulai belajar robotik semenjak satu tahun yang lalu, tepatnya kelas 1 MTS,” tuturnya.

Terakhir, Alfareza Firdausy bersama rekan setimnya Bintang Gema merasa bahagia dan bangga telah mengharumkan Kota Kediri.

” Kami berhasil menyisihkan sejumlah peserta yang mengikuti kompetisi sebanyak 30 tim dari seluruh Indonesia” pungkasnya.

Penulis : Moch Abi Madyan
Editor : John Bon Arya
Pubhliser : Nasrudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here