Mengenal Ragam Manfaat Jeruk Bali

Ilustrasi jeruk bali

JYBMedia: Jeruk Bali ukuran terbesar dari jenis jeruk yang ada. Jeruk yang memiliki kulit tebal ini hadir dalam berbagai warna mulai dari kuning hingga merah muda. Tidak hanya memiliki rasa manis dan menyegarkan, jeruk bali juga mengandung segudang manfaat buat kesehatan.

Melansir dari Healthline, jeruk bali kaya akan vitamin C dan vitamin B. Buah ini juga mengandung vitamin B1, B2, protein, serat, dan antioksidan. Beberapa kandungan tersebut berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Salah satu manfaat jeruk bali untuk kesehatan yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C pada jeruk bali berfungsi efektif untuk meningkatkan kekebalan sel-sel darah putih dalam sistem tubuh. Selain itu, masih banyak manfaat jeruk bali yang penting untuk diketahui.

Salah satu manfaat jeruk bali untuk kesehatan yaitu mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan vitamin C pada jeruk bali berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Selain itu, jeruk bali juga mengandung kalium yang dapat membersihkan simpanan arteri yang terakumulasi dalam tubuh.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya mengonsumsi jeruk bali secara teratur. Dengan begitu, jenis jeruk satu ini dapat secara efektif mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik.

Kontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi di mana tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan yang meningkatkan risiko penyakit kronis. Beberapa gejala yang paling sering dirasakan penderita hipertensi seperti sakit kepala, lemas, masalah penglihatan, hingga sesak napas.

Seseorang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi juga sering dikaitkan dengan kolesterol tinggi. Akibatnya, hal ini dapat memicu beragam penyakit lain, seperti jantung dan stroke. Sehingga apabila Anda memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya segera diatasi.

Baca juga:  Memahami Dampak dari Ketombe

Bagi sebagian penderita hipertensi, konsumsi obat harus dilakukan seumur hidup untuk mengatur tekanan darah. Namun, ada beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk mengontrol tekanan darah, salah satunya dengan mengonsumsi jeruk bali. Manfaat jeruk bali untuk mengontrol darah ini karena kandungan kalium di dalamnya.

Air jeruk bali memiliki kandungan kalium yang merupakan nutrisi utama mengatur tekanan darah. Kandungan kalium ini juga bisa membantu melepaskan ketegangan di pembuluh darah dan membantu sirkulasi darah dan oksigenasi dari berbagai sistem tubuh.

Mencegah Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan sepasang organ ekskresi dalam vibreta yang memiliki bentuk seperti kacang di area punggung bagian bawah. Ginjal sendiri memiliki beberapa fungsi, seperti menyaring kotoran serta membuangnya bersama air dalam bentuk urine. Apabila ginjal tidak berfungsi dengan baik maka dapat menyebabkan gangguan yang disebut penyakit ginjal.

Beberapa gangguan pada ginjal ini menimbulkan beberapa penyakit komplikasi dalam tubuh, seperti anemia dan gangguan elektrolit. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung harus terus dilakukan upaya pencegahan sejak dini, salah satunya mengonsumsi jeruk Bali. Kandungan asam sitrat di dalam jeruk Bali berfungsi efektif membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urine dan pH urine.

Menurunkan Berat Badan

Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi penyakit yang banyak dialami seseorang. Salah satu cara alternatif mencegah obesitas adalah mengonsumsi jeruk Bali. Pasalnya, jeruk Bali memiliki kandungan senyawa berupa isothiocyanate yang dapat berfungsi membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, kandungan vitamin C pada jeruk Bali juga berperan penting mencegah gangguan metabolisme. Mengonsumsi air jeruk Bali secara rutin dan teratur dapat berfungsi efektif mencegah obesitas dan menghindarkan Anda dari penyakit berbahaya lainnya.

Baca juga:  5 Mitos Tentang Diabetes

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat jeruk Bali yang tak kalah penting lainnya ialah meningkatkan kekebalan tubuh. Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah maka akan dengan mudah terserang penyakit.

Sebaliknya, orang yang memiliki kekebalan tubuh yang kuat akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satu cara meningkatkan sistem imunitas tubuh adalah mengonsumsi jeruk Bali.

Kandungan vitamin C, asam sitrat, dan kalsium berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi jeruk Bali lainnya juga berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat jeruk bali untuk kesehatan selanjutnya, yaitu melancarkan pencernaan. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk bali dapat mempertahankan elastisitas arteri dan meningkatkan sistem pencernaan. Selain itu, jeruk bali juga kaya akan serat makanan yang mampu menjaga pergerakan usus normal dan mencegah ambeien.

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena kerusakan sel-sel tulang hingga mengakibatkan tulang menjadi keropos. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak hingga dewasa. Namun, osteoporosis kerap terjadi pada wanita yang telah memasuki masa menopause.

Melansir dari Healthline, osteoporosis bisa terjadi salah satunya akibat kekurangan kalsium. Kondisi ini dapat menyebabkan kepadatan tulang seseorang berkurang bahkan hilang. Sehingga hal ini membuat tulang mudah rapuh dan rentan mengalami cedera.

Salah satu cara mencegah osteoporosis secara alami, yaitu dengan mengonsumsi jeruk bali. Kandungan kalsium dan serat pada jeruk bali berperan penting untuk mengurangi risiko kerapuhan tulang. Tentu saja manfaat jeruk bali ini bisa didapatkan dengan cara mengonsumsinya secara teratur dan menerapkan pola hidup sehat. (ds/dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here