Menker Luncurkan Layanan LTSA-PMI di Polman

(ist)

POLMAN – JYBMedia: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Republik Indonesia Ida Fauziyah meluncurkan Layanan Terpadu Satu Atap Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (LTSA-PMI) di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Tujuannya, untuk memudahkan pelayanan dan terintegrasi, serta efisien bagi PMI.
Kegiatan berlangsung di Kompleks Kantor BKPP Polewali Mandar, Jalan HA Depu, Kecamatan Polewali, Rabu (24/11).

“Mudah-mudahan, dengan dibangunnya LTSA ini, mempermudah pelayanan. Kami juga dengan mudah memberikan perlindungan kepada pekerja migran,” kata Ida Fauziah kepada wartawan usai kegiatan, Rabu (24/11/2021) siang.

Menurut Ida, LTSA-PMI dibangun atas kerja sama Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, dan Pemerintah Kabupaten. Diakui, Sulbar khususnya Polewali Mandar, termasuk daerah yang menjadi pengirim penempatan kerja, termasuk untuk Negara tetangga, Malaysia.

“Karena termasuk sending area, maka dibutuhkan pelayanan yang mudah dan terintegrasi melalui LTSA ini,” ungkapnya.

Karena itu, Ida meminta Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten berkolaborasi menghadapi permasalahan tenaga kerja. Ia menegaskan, agar setiap PMI harus dibekali dengan kompetensi dan skill kerja yang baik, sebelum keluar negeri.

“LTSA-PMI dibangun untuk mampu bersaing dengan para calo, maka dari itu saya berharap kegiatan ini tidak hanya di-launching saja, melainkan efektivitas kedepan harus sebaik seremoni yang dilakukan saat ini,“ tandasnya.

Pada kesempatan sama, Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar menyampaikan harapan agar provinsi yang dipimpinnya memiliki Satgas PMI Non Prosedural. Alasannya, banyak permasalahan yang terjadi di sektor ketenagakerjaan.

“Karena itulah kami mengharapkan perkenan Ibu Menteri dapat mempertimbangkan pembentukan Satgas di Sulawesi Barat. Kunjungan kerja Menteri Ketenagakerjaan kali ini merupakan kebahagiaan bagi Sulawesi Barat, untuk menjadi referensi penyusunan rencana kebijakan strategis pembangunan di bidang ketenagakerjaan, sebagai bagian dari pembangunan nasional untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Ali Baal Masdar.

Baca juga:  Pembinaan Atlet, Pemkab Bojonegoro Siapkan Rp 13 Miliar

Selain itu, Ali Baal juga menyampaikan, pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK ) Sulawesi Barat di Kabupaten Mamuju, sebagai UPT Kementerian Ketenagakerjaan menjadi solusi masalah ketenagakerjaan.

“Terutama untuk pendayagunaan potensi tenaga kerja, yang memiliki kualitas sebagai tenaga kerja dengan kompetensi memadai, menghadapi persaingan di pasar kerja, serta menghasilkan tenaga kerja yang mandiri dan berkemampuan membuka lapangan kerja baru,” kata Ali Baal.

Selain LTSA PMI, kementerian ketenagakerjaan juga memberikan dukungan berupa fasilitas embarkasi dan debarkasi PMI, memaksimalkan keberadaan Pelabuhan Tanjung Silopo, Polewali Mandar.

Penulis : Thaya

Editor : Sulaeman Rahman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here