Lukisan Karya Sang Maestro Raden Saleh Laku Rp 36 Miliar

Lukisan Raden Saleh (Courtesy of Jack-Phillippe Ruellan Auction)

JAKARTA – JYBMedia: Lukisan langka karya maestro seni lukis Indonesia Raden Syarif Bastaman Saleh atau dikenal Raden Saleh laku terjual 2,2 juta euro atau sekitar Rp36 miliar.

Padahal, prediksi awal lukisan bertajuk A View of Mount Megamendung itu ditaksir mulai dari Rp 16,5 miliar hingga Rp 24,8 miliar.

Lelang digelar pada 2 Desember 2021 di Drout Paris oleh rumah lelang Daguerre bekerja sama dengan Jack-Phillipe Ruellan. Serta melibatkan pakar seni lukis kuno, Cabinet Turquin.

Kabar baik pelelangan itu dibagikan oleh perwakilan Jack-Phillipe Ruellan secara eksklusif seperti dilansir detikcom, Sabtu (4/12/2021).

“Saya senang memberi tahu Anda bahwa lukisan langka Raden aleh telah laku terjual senilai 2,2 juta euro dengan buyer premium,” ungkap Delphine Kahl, via surel.

“Kami sangat senang dengan hasil ini yang merupakan harga terbaik kedua untuk nama Raden Saleh,” lanjutnya.

Delphine Kahl mengatakan spesialis Raden Saleh, Marie-Odette Scalliet, juga senang dengan hasil akhir pelelangan.

“Spesialis karya-karya Raden Saleh (Marie-Odette Scalliet) tahu sebagian besar para penawar, juga sangat senang dengan harga yang dicapai. Dia melihat itu sebagai harga terbaik yang dicapai untuk A View of Mount Megamendung,” ucap Delphine Kahl.

A View of Mount Megamendung berada di atas kanvas yang berukuran 134 x 165,5 sentimeter. Lukisan itu telah diidentifikasi asli oleh spesialis lukisan Raden Saleh yakni Marie-Odette Scalliet, yang juga melakukan penelitian keabsahan dengan Jack-Phillippe Ruellan.

Lukisannya pun dibuktikan dengan tanda tangan asli oleh Raden Saleh, diberi tanggal, dan diberi tulisan di bagian kanan bawah berwarna merah dengan tulisan Raden Saleh F/ Java 1861.

A View of Megamendung punya beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki lukisan lainnya dengan seri yang sama. Menurut Delphine Kahl, karya pemandangan Megamendung merupakan sebuah toponim. Toponim sendiri merupakan bidang keilmuan linguistik yang membahas tentang asal-usul penamaan nama tempat, wilayah, atau bagian dari alam.

Baca juga:  Presiden RI : Penegakan Hukum Jangan Timbulkan Ketakutan

Lukisan yang dibuat pada 1861 itu juga menjadi tonggak sejarah dalam karya-karya Raden Saleh. (ben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here