Kasus Perdana, Omircron Terdeteksi di Wisma Atlet

Ilustrasi corona

JAKARTA – JYBMedia: Pemerintah mengumumkan satu kasus positif Covid-19 akibat penularan varian B.1.1.529 atau Omicron ditemukan di Indonesia. Kasus ini terdeteksi pada seorang petugas kebersihan yang bertugas di RSDC Wisma Atlet.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, kasus pertama penularan varian Omicron di Indonesia ini bermula dari terdeteksinya tiga orang petugas kebersihan di Wisma Atlet.

“Ada tiga orang pekerja kebersihan di Wisma Atlet yang pada 8 Desember lalu dites dan hasilnya positif (Covid-19). Kemudian pada 10 Desember dikirim ke Balitbangkes untuk dilakukan genome sequencing,” ujar Budi, dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (16/12/2021).

“Hasilnya keluar pada 15 Desember, yakni dari tiga orang yang positif tadi, satu orang dipastikan terdeteksi (terpapar) varian Omicron,” lanjutnya.

Sementara itu, dua orang lain yang positif dipastikan tidak terpapar varian dari Afrika Selatan itu.

Budi juga mengungkapkan, ketiga orang tersebut positif tanpa gejala. Ketiganya pun telah menjalani karantina di Wisma Atlet.

Kemudian, ketiga pasien itu pun telah menjalani tes PCR kedua dan hasilnya sudah diketahui negatif Covid-19.

“Temuan ini merupakan kasus Covid-19pertama di Indonesia yang disebabkan penularan varian Omicron,” kata Budi seraya mengingatkan masyarakat untuk tidak panik dan tetap mematuhi protokol kesehatan.(*/sib)

Baca juga:  Kapolri : Wujud Sinergitas TNI-Polri Tekan Pertumbuhan Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here