Pentingnya Perlindungan dan Peluang Bagi PMI, Komisi IX DPR RI Dukung Sosialisasi UPT BP2MI Jatim

BLITAR – JYBMedia: UPT BP2MI Provinsi Jawa Timur menggandeng Anggota Komisi IX DPR RI, Nurhadi, S.Pd, melaksanakan Sosialisasi Peluang Kerja Ke Luar Negeri dan Perlindungan Menyeluruh kepada PMI sebagai VVIP, bertempat di wisata Negeri Dongeng Desa Kawedusan, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Jumat (25/3/2022). 

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar, Drs.Mujianto, Kepala UPT BP2MI Provinsi Jatim, Happy Mei Ardeni, Kabid Penta dan PKK, Yopi Karisma Sanusi S.H, Kapolsek Ponggok, Kepala Desa Kawedusan, Tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Nurhadi mengatakan bahwa saat ini tidak ada lagi biaya yang harus dikeluarkan oleh para calon PMI apabila hendak bekerja di luar negeri. Berangkat ke luar negeri untuk saat ini benar benar gratis, meskipun hanya untuk beberapa sektor pekerjaan.

Kami disini sebagai mitra Kementerian Tenaga Kerja dan BP2MI untuk mengawasi dan memastikan apakah Pemerintah benar benar memberikan perlindungan menyeluruh dan maksimal kepada masyarakat yang menjadi Pekerja Migran Indonesia di luar negeri, jelas Nurhadi.

Seperti diketahui selain bertanggung jawab untuk menafkahi keluarga, Pekerja Migran Indonesia merupakan penyumbang devisa negara yang nilainya mencapai trillunan. Meskipun ini bukanlah suatu prestasi, diharapkan dengan pendidikan yang tinggi dapat menciptakan banyak tenaga ahli yang bekerja di luar negeri,” lanjutnya.

Komisi IX DPR RI saat ini sedang mengawal program Pemerintah menuju Indonesia Emas di tahun 2045 untuk menciptakan generasi yang berkualitas dalam berbagai aspek ilmu dan keahlian. Jika direncanakan dan dimulai dari sekarang dalam mewujudkan generasi emas, pada tahun 2045 justru generasi ini yang menciptakan banyak lapangan pekerjaan. Pungkasnya

Di akhir sambutannya Nurhadi berpantun sebagai khas di penutup sambutannya,
“Ono Ireng – ireng tur rodok gedi, tuku klambi warnane kuning karo biru, atine seneng oleh undangan Nurhadi DPR RI, dapat info dari BP2MI”. “Ada Hitam – hitam agak besar, beli baju warnanya kuning dan biru, hatiku senang dapat undangan Nurhadi DPR RI, dapat info dari BP2MI”.

Baca juga:  Hadirkan Nurhadi, Anggota DPR RI dan Pakar di Forum Diskusi Denpasar 12

Sementara Kepala UPT BP2MI Provinsi Jawa Timur, Happy Mei Ardeni dalam sambutannya menjelaskan, ” Sangat penting sosialisasi seperti ini bagi masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri agar melalui jalur resmi. Sekarang ini masih banyak modus-modus yang dijanjikan oleh para calo dari jalur yang tidak resmi, seperti contoh selalu menjanjikan gaji yang sangat tinggi, mendapat pekerjaan secara cepat, tidak perlu kemana mana hanya cukup menunggu di rumah saja. Itu merupakan salah satu contohnya”. Jelasnya

Bila PMI berangkat kerja ke luar negeri melalui jalur yang tidak resmi, akan sangat mungkin tidak mendapatkan perlindungan yang menyeluruh dari perusahaan yang memberangkatkannya secara ilegal.

Sedangkan PMI yang bekerja ke luar negeri melalui jalur yang resmi dipastikan akan mendapatkan perlindungan, baik sebelum berangkat, di saat bekerja di luar negeri, setelah atau dalam perjalanan pulang dari luar negeri. Pungkasnya

Kepala Desa Kawedusan, Ahmad Farid menyampaikan banyak terima kasih kepada Bapak Nurhadi DPR RI, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar beserta jajarannya, UPT BP2MI Provinsi Jatim atas terselenggaranya sosialisasi yang sangat bermanfaat untuk masyarakat Desa Kawedusan dan seluruh masyarakat Kabupaten Blitar pada umumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here