Buka Sosialisasi Bangga Kencana BKKBN, Bersama Mitra Komisi IX DPR RI: Pentingnya Komunikasi Informasi Edukasi

Foto : (Istimewa)

BLITAR – JYBMedia: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur dan Komisi IX DPR RI menggelar Sosialisasi Dan Kie Program Bangga Kencana bersama mitra Tahun 2022 di Balai Desa Tegalrejo, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar. Minggu (27/03/2022).

Dalam kegiatan sosialisasi ini dihadiri BKKBN Provinsi Jawa Timur, Sofia Hanik, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk DP3A Kabupaten Blitar, Herman Widodo, Kepala Desa Faizal Fanani Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Di kesempatan itu, Anggota Komisi IX DPR RI, Nurhadi, S.Pd mengatakan, Pentingnya kita serap informasi yang sudah disampaikan narasumber dari BKKBN, dan juga kita menjadi agen perubahan minimal kita praktekan di keluarga masing-masing. Salah satu tugas BKKBN dalam fungsinya untuk mengendalikan jumlah penduduk, akan tetapi ada tugas yang tidak kalah pentingnya yaitu menciptakan keluarga berencana, keluarga berkualitas hingga mendatang di tahun 2025 akan menjadi Indonesia emas.

“Ketika anak kita sudah basutan pendidikan, ilmu agama menjadikan insan yang Akhlakul Karimah, kemudian diberikan keilmuan pengetahuan mulai tingkatan sma, sarjana bahkan mencapai S2 maka disitulah nanti Indonesia akan berubah”.

“Tetapi ingat sukses saja itu tidak cukup, BKKBN juga menciptakan generasi yang aklahul Karimah, untuk menciptakan Indonesia yang maju dan sejahtera itu bukan tanggung jawab pemerintah saja tapi juga tanggung jawab kita mulai dari lingkup yang paling kecil keluarga masing-masing”.

Berikanlah nasehat yang baik kepada putra putri kita yang mau menikahkan, berikan informasi umur yang layak waktu menikah, kalau perempuan umur 21 tahun kalau laki-laki umur 25 tahun.

Ketika menikah di usia yang layak seperti ketentuan usia untuk menikah, Insya Allah akan melahirkan anak-anak yang berkualitas, bayi yang sehat tidak berpotensi stunting.
Betapa pentingnya keluarga berencana, yang menghasilkan keluarga yang berkualitas, keluarga kecil bahagia sejahtera.

Baca juga:  Universitas Negeri Malang Gelar Pelatihan Guru SD dan MI di Kota Kediri

Di akhir sambutanya Nurhadi berpantun
“Naik kereta api ke kabupaten Sragen, lanjut rombongan ke Surakarta, bersama Bangga Program BKKBN , mari kita wujudkan keluarga kecil dan sejahtera”.

Sofia Hanik selaku BKKBN Provinsi Jawa Timur menyampaikan perlunya komunikasi informasi dan edukasi dan sosialisasi,
BKKBN sendiri ada beberapa program keluarga kependudukan dan keluarga berencana fungsinya untuk menurunkan angka stunting dan mejadikan keluarga bahagia dan sejahtera. Begitu juga dengan lansia semakin banyak bila tidak diperhatikan oleh keluarganya nantinya berdampak di pemerintah.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat yang pentingnya keluarga berencana. semua informasi kita serap yang disampaikan narasumber dari BKKBN, dan juga menjadi agen perubahan minimal kita praktekan di keluarga masing-masing. Imbuhnya

Herman Widodo selaku Kepala Dinas (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) menjelaskan, Sebagai contoh bilamana suami melakukan tindakan kekerasan terhadap istrinya maka bisa melaporkan ke kami, karena kami termasuk melakukan perlindungan kepada perempuan dan anak.

Herman juga menyampaikan adanya isu strategis nasional bahwa Bapak Presiden menghendaki adanya pertumbuhan pengendalian, pertumbuhan Indonesia yang lebih tangguh dan berkualitas tentu bila kita breakdown ke bawah di kabupaten Blitar sudah sesuai misi dari pimpinan kami, untuk mengembangkan sumber daya manusia. Pungkasnya

Kepala Desa Tegalrejo Zainal Fanani mengucapkan terima kasih kepada Bapak Nurhadi wakil masyarakat Blitar yang ada di DPR RI, atas terselenggaranya acara sosialisasi ini tentu banyak nilai positif yang di dapat oleh Warga kami Desa Tegalrejo.

Acara juga dirangkaikan dengan pembagian Doorprize kepada peserta yang beruntung dengan menjawab pertanyaan dari narasumber.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here