BPJS Ketenagakerjaan Bersama Komisi IX DPR RI : Sosialisasi Program Pekerja Bukan Penerima Upah

TULUNGAGUNG – JYBMEDIA : Bekerjasama dengan Komisi IX DPR RI, BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan sosialisasi Bagi Pekerja Bukan Penerima Upah diadakan di Graha Nirwana Bambu Desa Kalangan, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung. Sabtu (12/3/2022).

Kegiatan dihadiri langsung oleh Anggota DPR RI Komisi IX Nurhadi, S.Pd, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tulungagung, Kepala BPJS ketenagakerjaan Cabang Blitar, Pimpinan Cabang Kantor Pos Tulungagung dan Tokoh Masyarakat. Sosialisasi diikuti oleh 250 peserta yang berasal dari Kecamatan Rejotangan, Kecamatan Kalidawir, Kecamatan Pucanglaban, Kecamatan Tanggunggunung dan sekitarnya.

Nurhadi menuturkan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai manfaat keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja bukan penerima upah. Menurutnya, BPJS penting karena dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat dalam hal penjaminan kesehatan untuk tenaga kerja.

BPJS Ketenagakerjaan juga ada program di sektor bukan penerima upah, contoh pedagang di pasar, usaha rumahan. Program BPJS ketenagakerjaan ada jaminan sosial yang iuran perbulan minimal Rp.16,800 dengan jaminan senilai Rp.42 Juta.

“Komisi IX akan mendorong Pemerintah Pusat mewajibkan Pemerintah Daerah melakukan perlindungan kepada masyarakat yang benar-benar tidak mampu untuk mendukung program dari BPJS ketenagakerjaan”. Pungkasnya

Hal senada juga disampaikan oleh Agus Dwi Fitriyanto, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Blitar, tentang pentingnya sosialisasi-sosialisasi program seperti ini.
Agar masyarakat mengetahui program-program dari BPJS Ketenagakerjaan.

Sebagai bahan evaluasi kami, respon dari kegiatan sosialisasi ini selalu luar biasa dari masyarakat. Dengan fasilitas yang sangat mudah mulai pendaftaran hanya dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), nantinya peserta akan di hubungi melalui pesan singkat WhatsApp dan kartu peserta juga nantinya akan dikirim melalu pesan WhatsApp di nomer peserta. Dari mulai pendaftaran dan registrasi secara otomatis database akan terkoneksi ke rumah sakit seluruh wilayah Indonesia. Ucapnya

Baca juga:  Komisi VI Usulkan, Stimulus Sektor UMKM Diperbesar

Hal senada juga disampaikan oleh Ronald, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tulungagung menurutnya, ada berbagai macam manfaat yang didapatkan oleh para peserta BPJS Ketenagakerjaan, seperti Santunan Kematian, Kecelakaan Kerja.

“Program Khusus untuk para pekerja atau karyawan swasta yang bekerja di sektor non formal yang bukan penerima gaji,” ucap Ronald.

Sedangkan Farid selaku Pimpinan Cabang Kantor Pos Tulungagung menyampaikan bahwa pihak Kantor Pos sudah berkomitmen dan bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan terkait administrasi yang meliputi pembayaran iuran BPJS. Aplikasi online bisa di download melalui handphone dan ada hal menarik dari aplikasi tersebut, untuk setiap transaksi ada yang namanya sharing provit. Pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here