Sosialisasi Bersama Mitra Kerja Komisi IX DPR RI, BPJS ketenagakerjaan : Pentingnya Program Bagi Pekerja Di Sektor Non Formal

Foto : (Istimewa)

BLITAR – JYB MEDIA: Sosialisasi BPJS ketenagakerjaan dengan Program Bagi Pekerja Bukan Penerima Upah, acara sosialisasi diadakan di Balai Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan.Jum’at(15/04/2022)

Bekerjasama dengan Komisi IX DPR RI, sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat memahami sekaligus memberikan informasi program BPJS Ketenagakerjaan dengan prioritas bagi pekerja bukan penerima upah.
Kegiatan dihadiri langsung oleh Anggota DPR RI Komisi IX Nurhadi, S.Pd, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kabupaten Blitar, Kepala Cabang BPJS ketenagakerjaan Kabupaten Trenggalek, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Blitar. Sosialisasi diikuti oleh 250 peserta.

Nurhadi menuturkan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai manfaat keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja bukan penerima upah. Menurutnya, BPJS penting karena dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat dalam jaminan kesehatan dan kematian khususnya untuk pekerja di sektor non formal.

Dengan mendukung dan ikut menjadi peserta program dari pemerintah melalui BPJS ketenagakerjaan ini, bila terjadi hal yang tidak kita kehendaki kita sudah dijamin oleh negara.

Disampaikan juga khusus untuk yang hadir di acara sosialisasi, mulai hari ini secara otomatis didaftarkan sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan dan di gratiskan iuran selama 3 bulan kedepan. Pesan Nurhadi ” Setelah 3 bulan kedepan harapanya diteruskan untuk iuran bulanannya, karena selama masih membayar iuran perbulan maka kita masih dijamin oleh Pemerintah. Tetapi bila tidak dilanjutkan maka secara otomatis terputus”.

Sebagai penutup sambutannya Nurhadi berpantun, ” Naik kereta api jurusan Lamongan, lanjut bersama rombongan ke Surakarta, bersama Program dari BPJS Ketenagakerjaan wujudkan masyarakat Indonesia Nyaman, Aman dan Sejahtera”.

Kepala Cabang BPJS ketenagakerjaan Agus Dwi Fitriyanto saat di konfirmasi bratapos.com mengatakan, menurutnya melalui sosialisasi seperti ini, kami berharap seluruh warga kabupaten Blitar yang masuk kategori Bukan Penerima Upah atau Non Formal bisa mendaftar secara mandiri.
Masyarakat bisa mendaftar melalui online atau lewat kanal pembayaran yang sudah berkerja sama.

Baca juga:  KPU Jabar Tetapkan Suara Terbanyak di Pilkada Serentak 2020

“Seperti yang kita lihat tadi secara simbolis sudah kita serahkan hak dari penerima jaminan akibat kecelakaan kerja”.

Lebih lanjut Agus Dwi berharap untuk semua peserta yang hadir sebagai perangsang dan pemicu yang lain, tadi sudah disampaikan oleh Bapak Nurhadi untuk yang hadir di sosialisasi hari ini secara otomatis terdaftar langsung dan di gratiskan iuran selama 3 bulan kedepan.

Di akhir wawancara Agus Dwi berharap kepada masyarakat untuk melanjutkan iurannya, jika tidak dilanjutkan maka perlindunganya akan terputus. Dan bagi masyarakat yang belum bisa hadir bisa secara langsung mendaftar secara mandiri. Pungkasnya

Ulfi penerima manfaat dari Almarhum melalui BPJS ketenagakerjaan suaminya, secara simbolis menerima jaminan kematian senilai Rp 53,614,609 juta. Suaminya bekerja sebagai pekerja kontrak yang keikutsertaan suaminya selama bekerja kurang lebih 3 tahun ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada BPJS ketenagakerjaan Cabang Blitar dimana dalam proses klaimnya prosesnya sangat cepat, dan juga pelayananya responsif setelah mengajukan,” kata Ulfi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here