Nurhadi,S.Pd Hadir di Gondang Plosoklaten Kediri Bersama BPOM RI

Foto : Kegiatan KIE Pengawasan Obat Tradisional Dan Suplemen Kesehatan Bersama BPOM RI Dan DPR RI Komisi IX

KEDIRI-JYBMedia : Kecamatan Plosoklaten salah satu dari sekian kecamatan yang ada di kabupaten Kediri, daerah yang memiliki Ratusan Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) yang banyak bergerak di bidang obat tradisional, Suplemen Kesehatan dan pangan olahan.

Dipilihnya lokasi ini oleh Anggota DPR RI Fraksi Nasdem dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM – RI) untuk Kegiatan KIE Di Bidang Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan Bersama Tokoh Masyarakat, agar masyarakat dapat secara cerdas memilih Obat Tradisional dan bagi pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya lebih inovatif dan sesuai standar nasional.Bertempat di Gedung  Balai Desa Gondang, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri. diadakan sosialisasi yang dilaksanakan oleh BPOM Pusat dengan mitra kerja komisi IX DPR RI.

Sosialisasi dihadiri sebanyak kurang lebih 250 peserta dari seluruh desa dan kelurahan di Kecamatan Plosoklaten . Terlihat peserta antusias mengikuti acara sosialisasi tersebut. Acara di gelar masih dalam Nuansa Bulan Ramadhan pada hari  Rabu, (20/04/2022).

Anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi, S.Pd, mengatakan, “Melalui sosialisasi ini, diharapkan bisa memberikan ruang komunikasi dan edukasi bagi para pelaku bisnis berbasis UMKM yang ada di kecamatan Plosoklaten pada khususnya, bagaimana menjalankan usaha obat tradisional , Suplemen Kesehatan dan  bidang pangan olahan ini, serta bagaimana untuk legalitasnya bisa dimiliki dengan mudah,” tuturnya.

Nurhadi menjelaskan, “BPOM adalah mitra strategis komisi IX DPR RI dan sebagai pendampingan pelaku usaha UMKM yang sulit tumbuh berkembang, karena mungkin dari sisi kwalitas produk belum memenuhi standar nasional. Untuk itu nanti akan diberikan sosialisasi bagaimana dari membuat sebuah produk makanan, kemasan, label kemasan dan masa kadaluarsa,” jelasnya.

Nurhadi melanjutkan, “Kepada temen-temen UMKM jangan takut untuk selalu bersinergi dengan BPOM ini, ketika memang produk di pasaran itu ada yang kadaluarsa, perusahaan kecil atau rumahan, jika produk itu tidak sesuai dengan izin edar, justru kita dorong BPOM untuk melakukan pendampingan di sektor usaha UMKM ini,”lanjutnya.

Baca juga:  Kasus Positif Covid-19 Terus Bertambah, Pemerintah Diminta Serius

“Bidang usaha UMKM yang jumlahnya mencapai jutaan di Indonesia yang merupakan juga soko guru perekonomian nasional, tentu dituntut terjamin kualitas produknya, sehingga kalau dikonsumsi tidak ada efek samping negatif justru kalau itu kualitasnya bagus bisa menambah menambah penjualan. Sedangkan untuk masalah perizinan jangan takut untuk terus berkarya berkreativitas yang sesuai dengan bidang usahanya, kami partai Nasdem siap mengawal,” tegas Nurhadi.

Nurhadi juga berharap kepada masyarakat untuk lebih cerdas khusus dalam memilih Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan yang beredar saat ini, “Dalam situasi seperti sekarang, banyak produk beredar yang blm dilengkapi ijin dari BPOM RI. Sosialisasi tentang Pengawasan Obat Tradisosional Dan Suplemen Kesehatan, semoga bermanfaat karena dapat menambah wawasan kita bagi kita semua .” Tutupnya.

Begitu juga disampaikan sebagai narasumber mewakili BPOM RI Ibu  Imelda Ester Riana, S.T, M.KM Koordinator Pengawasan Fasilitas Produksi dan Distribusi Obat Tradisional, Obat Kuasi, dan Suplemen Kesehatan bahwa masyarakat sekarang harus lebih cerdas dan tanggap dalam memilih produk yang beredar khusunya untuk obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan, bukan tidak mungkin produk tersebut banyak beredar di masyarakat yang blm memiliki ijin edar maupun ijin klinis dari BPOM RI.

“Masyarakat harus lebih cerdas dan teliti dalam memilih produk khusunya di bidang obat tradisional dan suplemen makanan, apa lagi sekarang diera digital akan lebih mudah mengecek keberadaan barang tersebut , BPOM Sudah ada program web yang namanya Cek KLIK ( Cek Kemasan ,Cek Label, Cek Ijin Edar  , Cek Kadaluwarsa /Red )  disini masyarakat bisa mengecek barang yang beredar sudah berijin atau tidak. Agar masyarakat tidak di rugikan atas produk palsu tersebut ” Jelas Bu Imelda.

Baca juga:  Legislator Apresiasi Capaian WTP Kementerian ESDM

Sebagai Bentuk Peran aktif BPOM RI dalam proses pendampingan ijin UMKM di Wilayah di buka Kantor LOKA POM yang berada di Kediri ( Alamat : JL. PK Bangsa Kota Kediri.” Bapak Dan Ibu bisa langsung konsultasi ke kantor kami terkait bagaimana proses pengurusan ijin dan persiapan apa saja yang harus di siapkan, kitabsiao mendampingi ” ungkap  Dra. Dyah Rochmatingrum, Apt PFM Ahli Muda perwakilan LOKA POM Kediri.

Kades Gondang Kecamatan Plosoklaten Nuristiyanto mengapresiasi Kegiatan Ini , karena baru kali ini desanya dapat kunjungan sekaligus kegiatan oleh Anggota DPR RI dan berharap ada program yang nantinya akan turun di daerahnya.” Baru kali ada kegiatan bersama DPR RI , yaitu bapak Nurhadi,S.Pd dari Fraksi NasDem , semoga berikutnya akan banyak program yang akan turun ke desa kami, dan kegiatan ini dapat sebagai ajang penyampaian aspirasi kepada Wakil Rakyat ” ungkap Kades Gondang Nuristiyanto.

H.Lutfi Mahmudiono Sebagai Ketua DPD NasDem Kabupaten Kediri juga mengapresiasi Kegiatan yang diadakan oleh BPOM RI bersama Nurhadi,S.Pd Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem. Selain silaturahmi juga jadi ajang tambah pengetahuan bagi masyarakat khusunya dalam bidang Obat tradisional dan Suplemen Kesehatan buat masyarakat yang mungkin banyak belum di pahami di kalangan umum.” Satu kebanggaan buat KK Nurhadi yang sudah memilih daerah Plosoklaten sebagai tempat kegiatan sosialisasi BPOM RI , selain silaturahmi dalam bulan Puasa juga sebagai tambahan ilmu pengetahuan buat masyarakat ” ungkap Lutfi Mahmudiono. ( HerSun )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here