BPOM Gencarkan Sosialisasi Obat Tradisional Dan Suplemen Kesehatan, Bersama Tokoh Masyarakat

Foto : (Istimewa)

BLITAR – JYBMedia: Bertempat di Aula Wisata Negeri Dongeng Desa Kawedusan, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.
Sosialisasi BPOM bersama Komisi IX DPR RI diadakan, kurang lebih sosialisasi dikuti sebanyak 250 peserta dari Kecamatan Ponggok. Jumat (8/04/2022)

Terlihat hadir di acara sosialisasi Anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi, S.Pd , Kordinator Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen BPOM Pusat Imelda Ester Riana, ST ,M.KM , Rusdiyah Fatatik, Msi Perwakilan Loka Pom Kediri.

Dalam sambutannya Anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi tekankan kepada pelaku usaha UMKM dan Produsen untuk memperhatikan terkait legalitas dan perizinan usahanya ketika nantinya produk-produk tersebut berencana mau dikembangkan dan dipasarkan secara luas.

Politisi Fraksi Partai Nasdem ini juga mengingatkan pentingnya sebagai konsumen harus lebih selektif untuk memilih obat tradisional maupun suplemen obat, karena jika salah mengkonsumsi jamu akan sangat merugikan diri kita sendiri. Banyak sekali beredar di masyarakat berbagai jenis obat tradisional maupun suplemen kesehatan yang mengandung BKO (Bahan Kimia Obat).

Hal senada juga diungkapkan Imelda Ester Riana Kordinator Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen, meminta masyarakat untuk lebih selektif mengkonsumsi jamu tradisional maupun suplemen kesehatan, tentu kami dari BPOM akan terus mengadakan Sosialisasi – sosialisasi dan mengedukasi kepada masyarakat tentang jenis obat tradisional dan suplemen yang sudah layak di konsumsi tentu tidak mengandung Bahan Obat Kimia (BKO).

Menurutnya para pelaku usaha obat tradisional dan suplemen kesehatan harus memperhatikan mulai dari kebersihan produk, perizinan legalitas produk, serta tidak kalah penting bahan-bahan yang dipergunakan tidak mengandung bahan obat kimia.

Rusdiya Fatatik menambahkan masyarakat harus lebih teliti untuk membeli obat-obatan tradisional seperti jamu maupun suplemen kesehatan, karena banyak produk yang dijual di toko maupun di gerai penjualan tidak memperhatikan penyimpanan produknya secara baik sebagai contoh produk langsung terkena sinar matahari, akibatnya produk tersebut rusak secara kemasan maupun isinya.

Baca juga:  Kenali Bekicot dan Manfaatnya

Bersama BPOM Mari Kita Cek Klik ” Cek Kemasan, Cek Label, Cek Ijin Edar, Cek Kadaluwarsa”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here