Adakan Sosialisasi Germas, DPR RI Komisi IX Bersama Mitra Kerja : Lindungi Diri Dan Keluarga Dengan Vaksin

Foto : Sosialisasi Germas, Anggota DPR RI Komisi IX Nurhardi, S.Pd di Desa Wonotirto, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar.

BLITAR – JYBMedia: Sosialisasi Germas ini dilaksanakan untuk meningkatkan dan mendorong peran serta masyarakat dalam pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Adapun peserta kegiatan dari Sosialisasi Germas ini adalah masyarakat Kecamatan Wonotirto. Sabtu (28/05/2022)

Bertempat di Balai Desa Wonotirto, Kecamatan Wonotirto, sosialisasi Germas, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Protokol Kesehatan atau Prokes dan vaksinasi Covid-19.

Dalam kegiatan sosialisasi pagi tadi dihadiri oleh Nurhadi, S.Pd Anggota DPR RI Komisi IX, Kepala Pusat Penelitian Polkesma Sri Winarni, S.Pd, M.Kes, Direktur Poltekkes Malang Setyo Harsoyo, Kepala Bidang Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Dr. Miftahul Huda.

Melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya berprilaku hidup bersih dan sehat serta meningkatkan angka cakupan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Blitar khususnya di Kecamatan Wonotirto.

Saat di wawancarai awak media, Nurhadi mengatakan, “Hari ini saya sengaja menempatkan kegiatan Germas (Gerakan masyarakat hidup sehat) ini, yang diselenggarakan oleh Komisi IX DPR RI dan Kementerian Kesehatan RI di Desa Wonotirto, karena belum tersosialisasikan secara maximal Germas ini masih ada sebagian warga yang berperilaku hidup tidak sehat”.

Bisa jadi karena fasilitas yang kurang memadai seperti sanitasi yang kurang memadai, selain itu disisi penanganan Pandemi yang berangsur-angsur melandai ini, kita perlu cegah tangkal agar covid-19 tidak datang seperti sebelumnya.

“Maka kita sampaikan masih akan terus ada Program-program vaksinasi di daerah khususnya di Kecamatan Wonotirto ini, tadi disampaikan oleh pihak dinas kesehatan bahwa vaksinasi di daerah Wonotirto ini masih cukup rendah”. Pungkasnya

Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Dr. Miftahul Huda mengatakan, kegiatan hari ini adalah sosialisasi gerakan masyarakat sehat, artinya kita memberikan pengertian kepada masyarakat untuk berperilaku sehat.

Baca juga:  Di Posisi 47 Persen, Serapan Anggaran Kemenkes Dinilai Rendah

Dengan upaya Germas kami ke masyarakat yang harus dikerjakan dan di aplikasikan oleh masyarakat yaitu cerdik selalu jaga kesehatan, rajin berolah raga dan kebersihan lingkungan.

Untuk Kabupaten Blitar sendiri presentase masyarakat yang sudah vaksin Untuk dosis pertama itu sudah mencapai 99%, kemudian untuk tahap ke tiga mencapai 84% dan untuk vaksin dosis ke tiga (Boster) masih 16%.

Artinya apa kita harus berupaya terus untuk meningkatkan vaksinasi di Kabupaten Blitar khususnya boster, karena masih jauh di 16%. Target kita harapannya satu sampai dua bulan ini terselesaikan minimal 70% untuk vaksin boster. Jelas Huda

Kepala Desa Wonotirto, Imam Mucharom mengucapkan terima kasih dan Alhamdulillah dengan adanya kegiatan sosialisasi Germas ini, harapan kami bagi warga yang belum melakukan vaksin segera datang ke tempat yang ditunjuk, mulai vaksin pertama, kedua dan ke tiga yaitu Boster. Agar terhindar dari Semua penyakit, dan selain itu bisa untuk dipakai sebagai persyaratan untuk perjalanan keluar kota.

Novita warga Banjarsari Wonotirto merasa mendapat wawasan tentang kesehatan terutama tentang vaksinasi dan kesehatan diri sendiri, keluarga dan lingkungan, untuk saat ini saya masih vaksin kedua, selanjutnya saya hanya nunggu informasi adanya vaksin ketiga Boster. (Ar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here