Hadiri Pembukaan Bazar Blitar Djadoel 2022, Menteri Koperasi Dan UKM : UMKM Berani Bersaing, Menguasai Market Dalam Negeri

Foto : (Istimewa)

BLITAR – JYBMedia: Bertempat di Jalan Merdeka, Alun-alun Kota Blitar, masih di acara Bulan Bung Karno Pemerintah Kota Blitar mengadakan pameran Bazar Blitar Djadoel 2022. Jum’at (17/06/2022)

Acara pembukaan dihadiri langsung oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Drs. Teten Masduki, Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom SE, M.Si, Kepala Disperindag Provinsi Jawa Timur, Dr.Drajat Irawan, Wakil Walikota Blitar, Ir. H. Tjutjuk Sunario, M.M, Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono, Dandim 0808 Blitar Letkol Inf. Didin Nasruddin Darsono, Forkopimda, Tamu undangan dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Blitar Tjutjuk menyampaikan, suatu kebanggaan bagi kami sebagian koperasi di seluruh daerah hadir di Kota Blitar ini, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dalam memperingati Bulan Bung Karno, jadi bazar Blitar Djadoel ini bukan pameran biasa dan bukan sekedar hiburan biasa tetapi bazar Blitar Djadoel ini mengundang spirit dan karakter seperti yang dipesankan oleh Bung Karno.

“Pasar Djadoel ini kreasi karya anak muda dan karya masyarakat, ekspresi untuk menerjemahkan salah satu dari tri sakti Bung Karno yaitu berkepribadian dalam kebudayaan”.

“Kita berharap masyarakat kota Blitar ditengah kemajuan teknologi tetap menjaga dan mewarisi budaya para pendahulu kita yang Adi luhur, kita rawat dan lestarikan budaya warisan karya pendahulu bangsa, karena bangsa yang besar yang menghargai sejarah bangsanya”.

Pada tahun ini Bazar Blitar Djadoel dimeriahkan oleh 100 unit stand bazar, 40 unit stand Coffe, 60 unit UMKM, 14 unit barang-barang Lawas, kegiatan dikemas dalam suasana jaman dulu.

Mulai dari Festival masakan mustika rasa, sarasehan Kebangsaan, sarasehan Pancasila, literasi dan bedah buku Grebeg Pancasila, sarasehan jaranan Blitar, Workshop UMKM, Festival tari tradisional, Demo panggung rakyat, Festival musik tradisional.

Baca juga:  Eruspsi Semeru, Ratusan Warga Dievakuasi ke Pengungsian

Di akhir sambutannya Wakil Walikota Blitar mengatakan bahwa bazar Blitar Djadoel ini diselenggarakan juga untuk menumbuh kembangkan semangat ekonomi kreatif dan pemulihan ekonomi pasca pandemi khususnya di Blitar.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Drs. Teten Masduki, mengatakan Blitar punya seni tradisi yang luar biasa dengan dibuka dengan tarian dengan kostum yang luar biasa.

Bung Karno pernah mengajarkan kepada kita bagaimana membangun kemandirian ekonomi. Bung Karno menentang kolonialisme dan imperialisme dan dengan itu sebenarnya menjadi penting kita membangun kemandirian ekonomi. Dengan adanya kegiatan seperti bazar Blitar Djadoel ini akan memberikan dampak ekonomi bagi UMKM yang cukup baik.

Untuk saat ini di Tri Wulan pertama Indonesia sudah pulih pertumbuhan ekonomi menjadi 5,1% dan itu terbaik di Asia, banyak negara yang masih menghadapi situasi ekonomi yang berat.

Indonesia cepat melakukan edjusment ke seluruh program dan anggaran selama pandemi, sehingga kita bisa segera recovery namun demikian sekarang kita dihadapkan pada deflasi dunia, dimana pertumbuhan rendah dan inflasi tinggi yang dipicu harga pangan meningkat dan juga energi.

UMKM bukan hanya perlu recovery tapi kita harus tranformasi, seperti yang diamanatkan Bapak Presiden ada beberapa agenda, selama ini kurang menghitung, mempertimbangkan kekuatan ekonomi UMKM, padahal dari waktu ke waktu UMKM penyelamat dari ekonomi nasional.

Dari statistik 97% lapangan pekerjaan disediakan olek umkm, padahal UMKM hanya mengakses 19,8% kredit Perbankan. Saat ini baru 19 juta UMKM yang terhubung ekosistem digital target kita 30 juta di tahun 2024.

Kemampuan kita untuk bersaing dan menguasai market dalam Negeri ini menjadi agenda kita, kita siapkan UMKM yang lebih memiliki daya saing dan lebih produktif.

Baca juga:  Masuk Level 1, Santa Clause Bisa Jalan

Kita harapkan ivent – ivent seperti bazar Blitar Djadoel ini semakin banyak diselenggarakan, semakin banyak ivent yang bisa mendatangkan orang dan turis bisa secara otomatis bisa menggerakkan UMKM. Pungkasnya

Terlihat peserta stand Bazar Blitar Djadoel 2022 di ikuti oleh pelaku UMKM dari Kabupaten di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat bahkan dari Papua. (ref)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here