Walikota Blitar Bersama Dandim 0808, Buka Liga Santri PSSI Piala Kasad 2022

Foto : Pembukaan Liga Santri PSSI Piala Kasad 2022 di Stadion Soepriadi Kota Blitar.

BLITAR – JYBMedia: Liga Santri PSSI Piala Kasad 2022 serentak dimulai hari ini di seluruh Indonesia. Kegiatan untuk regional Blitar dan Tulungagung diselenggarakan di Stadion Soepriadi Kota Blitar, Liga Santri 2022 ini finalnya akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada 22 Oktober 2022 bertepatan dengan Hari Santri Nasional. Senin (20/06/2022)

Terlihat hadir, Komandan Kodim 0808/Blitar Letkol Inf Didin Nasruddin Darsono, Walikota Blitar Drs. H. Santoso M.Pd, Wakil Bupati Tulungagung, Ketua DPRD Kota Blitar, Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Kepala Pengadilan Negeri Blitar, Kepala Kementerian Agama Kota Blitar, Forkopimda Kabupaten/Kota Blitar, Forkopimda Tulungagung dan para Santri peserta Liga Santri.

Dengan seremonial pelepasan 100 burung merpati, pembukaan Liga Santri Piala Kasad 2022 secara resmi dibuka oleh Walikota Blitar.

Dalam sambutannya Walikota Blitar Santoso mengatakan, kompetisi sepak bola atau liga sepak bola tahun ini, sangat istimewa karena pesertanya adalah santri yang biasanya ngaji ditempat pondoknya masing-masing.

Kali ini diajak bersama-sama berolah raga dengan harapan para santri yang kuat rohaninya dan jiwanya dan kuat fisiknya, dalam bahasa Yunani disebut “Mens sana in corpore sano” didalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat pula, sehingga terbentuk generasi yang unggul.

Kita semakin yakin bahwa sepak bola adalah olah raga yang istimewa di Indonesia tidak terkecuali masyarakat Tulungagung, Blitar mengingat sepak bola adalah olah raga yang merakyat.

Perlu dipahami bahwa inti dari kompetisi ini adalah bukanlah mencari pemenang, bukan pula sekedar mencari siapa juaranya akan tetapi tidak kalah pentingnya adalah pembinaan dan penyaluran bakat. Hasil akhir memang penting tetapi yg lebih penting adalah unsur-unsur pembinaan, prestasi termasuk mengajarkan nilai filosofi sepak bola.

Baca juga:  Pengurus Pergunu Kota Kediri Masa Bakti 2021-2026 Resmi Dilantik

“Seperti pesan Bung Karno, olahraga dapat dimanfaatkan membangun karakter bagi tim sepak bola, kemenangan itu adalah penting akan tetapi kemenangan bukan segalanya”.

“Kami berharap liga Santi ini bisa menjadi wadah silaturahmi para santri yang ada di Kota Blitar, Kabupaten Blitar, tulungagung karena menjalin silaturahmi itu penting apalagi antar santri se Indonesia”.

Kami berharap liga ini dapat menghasilkan atlet yg berkarakter bagus, serta seportifitas yang tinggi dan ditemukan para bibit-bibit yang bisa mengharumkan nama baik Blitar di kancah nasional. Pungkasnya

Saat di wawancarai awak media Dandim 0808 Blitar, Letkol Inf Didin Nasruddin Darsono mengatakan, dalam kegiatan pembukaan Liga Santri Piala Kasad yang diselenggarakan di Stadion Soepriadi pagi ini, ada 10 tim yang bermain, terdiri dari 7 dari Kabupaten Blitar, 1 tim dari Kota Blitar, 2 tim dari Tulungagung.

Dari 10 tim ini nantinya akan dibuat 2 group, kemudian juara dan rune up dari masing-masing group akan bertemu di semi final dan kemudian memperebutkan juara 1 dan 2 di final. Diperkirakan sampai pada akhir Juni kegiatan liga Santi ini.

Lebih lanjut Dandim 0808 Blitar Didin menyampaikan, antara Tulungagung dan Blitar dijadikan satu dan sebelumnya sudah di adakan technical meeting, kemudian mereka mengambil undian siapa-siapa yang masuk di group A dan B.

Harapannya dari kegiatan ini, pertama muncul silahturahmi yang semakin erat antara para santri baik di wilayah Blitar raya dan Tulungagung, yang kedua ini juga ajang sebagai pencarian bibit dari Santri-santri di wilayah Blitar dan Tulungagung yang nantinya akan diorbitkan menjadi pemain bola yang profesional.

Yang ketiga ini adalah momen kita untuk mengangkat olah raga, sehingga olah raga itu bisa semakin membudaya. Karena didalam tubuh yang sehat pasti terdapat jiwa yang kuat. Tandasnya (rif)

Baca juga:  PPKM Darurat, IPB Salurkan Bantuan Bagi Lansia di Blitar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here